SELAMAT DATANG DI MEDITERANIAN-STAR BLOG

Monday 3 August 2009

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Indonesia


JAKARTA, KOMPAS.com — Cuaca ekstrem diperkirakan berpotensi terjadi di wilayah Indonesia mulai 4 hingga 6 Agustus. Potensi ini terlihat dari adanya bibit badai tropis di Laut China Selatan dan Samudra Pasifik sebelah timur Filipina serta daerah pumpunan angin yang memanjang dari Pesisir Timur Sumatera hingga Laut China Selatan.

Selain itu, kondisi suhu muka laut di wilayah perairan sebelah barat Sumatera, Laut China Selatan, dan perairan sebelah utara Papua masih cukup hangat sehingga mendukung suplai uap air ke wilayah Indonesia bagian utara dan di sekitar ekuator. Kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan—awan hujan di wilayah Indonesia bagian utara dan di sekitar ekuator.

Adanya aktivitas konvektif yang merupakan aktivitas atmosfer berskala lokal di sebagian wilayah Indonesia juga perlu diwaspadai karena berpotensi menimbulkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam waktu yang tidak terlalu lama. Wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah pesisir barat Sumatera bagian utara, Sumatera bagian utara, Maluku bagian tengah dan selatan, Papua bagian barat, selatan serta tengah.

0 comments:

Post a Comment