SELAMAT DATANG DI MEDITERANIAN-STAR BLOG

Saturday 4 July 2009

OTOMOTIF

Free Walk Through" Honda Freed Bukan Sekadar Slogan


BALI, KOMPAS.com — Pada awal Juni lalu, wartawan otomotif Jakarta diundang ke Bali oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku ATPM Honda di Indonesia untuk menjajal Honda Freed. Rombongan dibagi dalam lima kelompok dan Kompas.com berada di kendaraan pertama yang dilepas dari Ubud, 3 Juni 2009, dengan rute Seminyak Square, Rip Curl Sunset Road, Paul Robb Jimbaran, dan finis di Hard Rock Hotel, Kuta.

Selama perjalanan sejauh sekitar 80 km, ada dua hal yang menjadi fokus utama pengetesan. Pertama, sebagai penumpang ingin membuktikan kebenaran ucapan Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM, bahwa desain interior Freed membuat penumpang bisa pindah dari kursi belakang ke tengah, atau tengah ke depan dengan mudah.

Ketika disetiri, Kompas.com merasakan konsep "free walk through" bukan sekadar slogan, terlebih buat anak-anak. Saat duduk di bangku belakang yang model captain seat, dengkul tidak menekuk karena desain jok, baik tempat duduk, maupun sandaran ramping. Namun, faktor penentu utamanya, seperti dibilang Shigehiro Yasuki, Large Project Leader, karena bagian itu dirancang berjenjang naik seperti model kursi bioskop.

Selain itu, MPV dengan dimensi panjang 4.215 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.715 mm ini memiliki desain jok yang ramping. Dengan begitu, Shigehiro yakin, orang dengan tinggi badan 185 cm bisa duduk nyaman.

Fokus kedua, Kompas.com sebagai pengemudi. Mesin 1.500 cc berteknologi i-VTEC dengan transmisi otomatis 5-speed memang tidak segesit Honda Jazz, meski platform-nya sama. "Pengaruh pada tenaga jelas ada karena dimensinya lebih panjang dan tinggi. Tapi kita sudah mengeliminasi dengan mengubah rasio gigi," ungkap Shigehiro.

Tenaga Freed yang 118 PS pada 6.400 rpm dengan torsi 146 Nm pada 4.800 rpm pas untuk sebuah MPV. Semua jalur test drive yang bervariasi, mulai dari jalan sempit, berkelok-kelok, dan padat lalu lintas bisa dilalui pengendara dengan nyaman. Kala melewati jalan bergelombang, suspensi yang dikombinasi MacPherson Strut untuk belakang dan H-Torsion Beam pada belakang membuat goncangan sangat kecil.

Hanya, pengetesan kecepatan maksimum tidak didapat lantaran jalur tak tersedia. Namun, sebagai MPV baru Honda, seperti diyakini President Director PT HPM Yukihiro Aoshima, bahwa Honda Freed bakal menjadi kejutan yang menyenangkan sebagai kendaraan keluarga, khususnya keluarga baru, bakal terbukti.

0 comments:

Post a Comment